Inilah Manfaat Dahsyat dari UPIL

Manfaat Dahsyat Dari UPIL Yang Belum Diketahui Banyak Orang

Banyak orang ketika mendengar kata upil akan bereaksi negatif. Membayangkan tekturnya yang kenyal, lengket dan tidak beraturan ini, akan mengerenyitkan dahi bahkan bisa menimbulkan rasa mual. 

gambar ilustrasi orang sedang mengupil
Gambar Ilustrasi orang sedang mengupil
Apakah diantara kalian ada yang belum tahu apa itu upil? Pastinya sudah sangat mengenal dengan yang namanya upil ini. sebagian orang mengupil adalah kegiatan yang mengasykan dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Tapi tahukah anda? Bahwa upil sangat berguna bagi manusia. Dibalik bentuknya yang demikian itu Upil mempunyai banyak kegunaan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap www.dokterbicara.com mengenai berbagai Manfaat Upil.

Sebagai pelumas dan pelembab hidung

Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

Sebagai pelindung infeksi

sebelum terjadi upil lendir-lendir  yang dikeluarkan oleh membran mucus ini biasa disebut dengan ingus. Ingus inilah yang melindungi hidung agar tidak mengalami infeksi saat penyaringan udara dilakukan. Ingus bertujuan untuk mencegah masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam paru-paru. Partikel ini dapat berupa debu, bakteri, virus, dan serbuk. Ingus yang telah menyaring partikel-partikel tersebut akan mengering, sehingga terbentuklah upil.

Masker alami

pada saat kita di jalan raya atau ditempat – tempat yang berpolusi tinggi, peranan upil sangat diperlukan dalam memnyaring polusi dari asap knalpot motor atau mobil, asap rokok dan pembakaran laiinnya yang masuk. Semakin banyak upil ini menandakan bahwa bulu-bulu hidung anda berperan sangat baik dalam menyaring kotoran-kotaran yang masuk kedalam paru-paru bersama udara. Sehingga udara yang masuk ke paru-paru menjadi bersih dan tidak mengandung zat polutan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
proses terbentuk upil dari kotoran yang masuk ke dalam lubang hidung pada saat bernapas. Debu dan kotoran yang masuk ke hidung ini akan disaring oleh filter atau bulu-bulu hidung. Kotoran yang tidak tersaring akan ditangkap oleh lendir yang ada dihidung. Lama kelamaan lendir ini akan mengeras dan terbentuklah upil.

Meningkatkan system kekebalan tubuh

Penemuan Dokter spesialis paru-paru asal Austria Prof Dr Friederich Bischinger tahun 2004 itu sempat menjadi kontroversial. Banyak orang awam dan paramedis yang menolak mentah-mentah teori nya dikatakan bahwa teori itu tidak masuk akal. Dokter Bischinger pernah menyarankan orang untuk makan upil (kotoran hidungnya) sendiri karena diklaim bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Orang yang kontra beranggapan bahwa Jika makan upil sama saja dengan makan semua organisme atau bakteri yang harusnya dikeluarkan melalui hidung. Tetapi Dokter Bischinger mempunyai penemuan dan teori yang berbeda.  “hasil fiteran dari hidung ini yang di kenal dengan upil dikomsumsi lalu membuat usus menjadi sehat karena telah menyaring banyak bakteri dan bercampuran yang bekerja seperti obat. Dikatakan pula upil juga bisa bertindak sebagai vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.” Pungkas Prof Dr Friederich Bischinger.
Gambaran orang Mengupil
Sedangkan jika seseorang jarang ngupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar.

Itulah ulasan lengkap seputar upil dan mengupil, semoga pembahasan upil yang dibahas di blog Dokter Bicara ini dapat bermanfaat untuk semuanya.

0 Response to "Inilah Manfaat Dahsyat dari UPIL"

Post a Comment

Powered by Blogger.